Tips Menghadapi Komentar di Sosmed ala Rajakomen.com

Tips menghadapi komentar di sosmed ala Rajakomen.com

Kehadiran media sosial tentunya sangat membantu khususnya mereka yang ingin melakukan kampanye di media sosial. Bahkan, melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram, orang-orang bisa lebih mudah berkampanye seputar bisnis hingga politik secara online.

Di era digital seperti sekarang ini, pastinya apapun akan mudah viral hanya melalui media sosial. Misalnya, ada salah satu orang yang memposting perlakukan tidak menyenangkan yang dialaminya, kemudian berita tersebut dengan mudah ramai diketahui seluruh Netizen khususnya di Indonesia.

Sama halnya ketika seseorang berkampanye politik secara online, tentu akan banyak komentar-komentar dari Netizen, baik itu komentar baik hingga komentar negatif. Itulah mengapa banyak masyarakat yang seringkali memanfaatkan media sosial, salah satu alasannya adalah agar lebih cepat viral.

Pentingnya memiliki media sosial untuk ajang kampanye

Bagi Anda yang sedang memasarkan sebuah bisnis, maka salah satu cara paling mudah untuk berkampanye adalah melalui media sosial. Tak dimungkiri, siapa sih yang sekarang ini tidak memiliki media sosial? Tentu hampir semua orang memilikinya bukan?

Tak hanya penting untuk berbisnis, tetapi mereka para politisi juga sudah banyak yang beralih ke sektor digital sebagai ajang untuk kampanye politik.

Inilah pentingnya media sosial sebagai ajang untuk berkampanye atau mempromosikan sesuatu;

1. Caranya yang lebih beragam

Kampanye zaman dulu mungkin sangat terbatas karena hanya menggunakan media cetak, baliho hingga selebaran yang diberikan dari rumah ke rumah. Berbeda dengan media sosial, maka Anda cukup mempostingnya dan semua kalangan akan membacanya.

2. Biaya yang lebih murah

Dengan memanfaatkan media sosial, Anda cukup meng-instal saja. Tidak perlu ada biaya tambahan seperti mencetaknya seperti yang dilakukan kampanye zaman dulu.

3. Lebih up to date

Salah satu poin penting memanfaatkan media sosial adalah lebih up to date. Anda akan lebih paham situasi terkini sehingga memungkinkan untuk lebih cepat menyebar.

Tips menghadapi komentar di sosmed ala Rajakomen.com

Tips menghadapi komentar di sosmed ala Rajakomen.com

Bermain media sosial juga ada konsekuensinya. Anda akan langsung berinteraksi dengan follower. Di antara follower mungkin akan memberikan komentar yang baik-baik hingga komentar paling pedas.

Apapun komentarnya, Anda tidak perlu menganggapnya serius karena merupakan risiko bermain media sosial. Berikut tips menghadapi komentar di sosmed ala Rajakomen.com

Menghadapi komentar positif

1. Menanggapinya sesegera mungkin

Selama itu komentar positif yang mampu membangun atau meningkatkan potensi bisnis Anda, maka wajib ditanggapi dengan cepat. Hal ini agar mereka yang berkomentar baik merasa didengar sehingga akan selalu mendukung promosi yang Anda share.

2. Mengucapkan terima kasih

Ketika Anda terus-terusan mendapatkan komentar baik dari follower maupun bukan follower, sebaiknya langsung ucapkan terima kasih. Bisa jadi orang tersebut benar-benar tertarik dengan cara Anda melakukan promosi.

3. Menjadikannya sebagai motivasi

Segala komentar baik yang masuk tentunya bisa Anda jadikan motivasi untuk lebih baik lagi. Dengan begitu, follower atau bahkan orang yang secara tidak sengaja menemukan postingan Anda akan semakin tertarik untuk menggali lebih dalam.

Menghadapi komentar negatif

1. Bersikap tenang

Jangan mudah emosi ketika menerima komentar buruk dari orang lain. Biasakan tetap tenang. Membalas dengan kata-kata buruk hanya akan merusak reputasi bisnis Anda.

2. Menyampaikan permintaan maaf

Kelihatannya memang sangat sulit, namun dengan meminta maaf atas hal yang tidak menyenangkan pada postingan Anda akan membuat mereka yang berkomentar buruk merasa dihargai.

Menyampaikan permintaan maaf juga menunjukkan rasa simpati Anda pada orang yang memiliki pengalaman buruk dari produk yang Anda jual. Jangan malah menghapus komentar negatif karena Anda sebagai pemilik bisnis akan dianggap tidak profesional.

3. Menjadikannya sebagai pelajaran penting

Ada beberapa cara untuk meningkatkan bisnis salah satunya melalui komentar buruk dari orang. Hal tersebut tentunya bisa Anda jadikan pelajaran agar kedepannya Anda bisa lebih baik lagi.

Tidak semua komentar negatif itu buruk. Kadang perlu memahaminya agar paham di mana letak kesalahannya. Sebagai orang yang aktif di media sosial, jangan mudah tersulut emosi karena komentar yang tidak sesuai dengan harapan.

Memanfaatkan media sosial di zaman sekarang memang sangat penting. Tak heran jika mereka yang punya bisnis selalu membuat akun media sosial baru khusus untuk bisnisnya. Cara ini dilakukan agar bisa berkomunikasi langsung dengan para follower.

Selain itu, adanya kolom komentar pada media sosial juga digunakan untuk menyampaikan berbagai uneg-uneg dalam hati. Kadang sifatnya bisa membangun, namun ada juga yang justru membuat pemilik akun merasa down dengan berbagai komentar buruk.

Untuk itu, Anda tidak perlu terlena dengan berbagai komentar positif maupun negatif yang muncul di komentar media sosial dari kampanye Anda. Semoga tips menghadapi komentar di sosmed ala Rajakomen.com bisa membantu Anda.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.