Mengapa Data Science Penting untuk Industri Startup

Mengapa Data Science Penting untuk Industri Startup, Curiculum Vitae

Data science adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu maupun komunitas. Dengan pengolahan dan pemanfaatan data science secara optimal maka akan membuat mereka berkembang pesat. Untuk memahaminya secara menyeluruh, maka seseorang perlu kuliah data science.

Dengan mengikuti kuliah data science maka seseorang dapat mempelajari dasar-dasar ilmu yang terdapat di dalamnya. Ia akan mampu mengumpulkan data yang dibutuhkan sampai kepada proses akhirnya yaitu menciptakan kecerdasan buatan.

Untuk dapat mengolah data science menjadi produk yang siap digunakan itu tidak semudah yang dibayangkan. Agar mampu membuat kecerdasan buatan, ia harus memahami tracking data, data pipelines, business intelligence, exploratory analysis, predictive modelling, dan model production.

Semua hal dasar itu hanya benar-benar bisa dikuasai oleh seseorang jika ia melakukan kuliah data science. Tentunya dalam perkuliahannya pun ia harus serius ketika belajar data science dan mampu membuat dirinya tertarik untuk terus mengeksplorenya lebih dalam lagi.

Alasan Pentingnya Data Science untuk Industri Startup

Alasan Pentingnya Data Science untuk Industri Startup

Bagi para pelaku usaha yang baru saja membangun bisnisnya, tentu mereka membutuhkan data untuk bisa menjalankan perusahaannya. Data science ini memang tidak bisa diabaikan dalam industri startup. Pasalnya, data tersebut merupakan bahan dasar untuk menciptakan tindakan berikutnya.

Bagaimanapun juga, sebelum mengambil keputusan dan melakukan tindakan maka dibutuhkan data terlebih dahulu. Setiap hal yang dijumpai bisa saja menjadi data, baik itu berupa kata-kata, gambar, suara, video, maupun emosi. Berikut ini adalah alasan mengapa data science itu menjadi penting.

1. Menentukan Produk

Bagi mereka yang memutuskan untuk terjun ke industri startup tentunya harus mengetahui produk apa yang akan dibuatnya. Jika usahanya ingin terus berkembang, maka produk yang diciptakan pun harus berupa solusi bagi para calon pelanggannya.

Setiap hal di dunia ini tentu ada sisi yang berpotensi sebagai permasalahan dan sekaligus menjadi solusinya. Dari sekian banyaknya potensi permasalahan dan solusi yang ada, Anda harus mampu menentukan peluang mana yang ingin dijadikan fokus bisnis.

Setelah menentukan fokus bisnis yang akan dikerjakan, Anda tentu membutuhkan data science agar produk yang dibuat nantinya menjadi solusi spesifik untuk setiap target market. Disinilah peran data science itu dibutuhkan.

Melalui data science, maka seluruh hal berkaitan dengan jenis kelamin, usia, jenis kebutuhan, pengalaman emosional, dll akan diperoleh. Setelah itu data tersebut akan diolah sampai bisa menerbitkan produk yang sesuai dengan kebutuhan target market.

2. Mengevaluasi Kinerja Bisnis

Setelah sebuah produk tercipta dan dipasarkan, maka ia harus di evaluasi. Tindakan evaluasi ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk setiap bagian yang ada dalam perusahaan tersebut. Setiap produk yang dibuat tentu ada pro dan kontra dari pelanggan.

Untuk respon positif dari pelanggan dapat digunakan sebagai data sekaligus bahan apresiasi bagi setiap staf. Sedangkan respon negatif dari pengalaman emosional pelanggan dapat digunakan sebagai data untuk evaluasi agar dapat terus meningkatkan kualitas produk dan perusahaan.

3. Memprediksi Masa Depan

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa apa yang terjadi pada saat ini adalah akibat dari hal yang dilakukan seseorang pada masa lalunya. Sama halnya dengan data. Data yang telah lalu dapat dijadikan bahan untuk memprediksi ataupun mendesain masa depan.

Belajar data science ini sangat penting terutama bagi yang memahami dampak besar yang dapat diciptakannya. Manusia memang memiliki otak dengan kemampuan yang luar biasa. Akan tetapi, sebagai manusia tentu tidak semua hal bisa diingat dalam waktu singkat.

Terlebih lagi jika harus mengelompokkan dan mengolah setiap informasi yang diterimanya secara detail dalam waktu singkat. Untuk itulah dibutuhkan orang-orang berkompeten yang kuliah data science untuk dapat menciptakan kecerdasan buatan.

Orang-orang yang sudah belajar data science akan lebih mengetahui hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam menciptakan kecerdasan buatan yang sedang dikerjakannya. Dimana kecerdasan buatan itu mampu mengakomodir data masa lalu dan menjadikannya bahan untuk mendesain masa depan.

Kuliah Data Science di UBM

Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan akan orang-orang yang mumpuni dalam hal data science akan semakin gencar dicari. Pasalnya, mereka akan sangat berpengaruh dalam menentukan tingkat perkembangan suatu industri.

Jika berminat untuk mempelajarinya lebih dalam, Anda bisa mengikuti kuliah data science di Universitas Bunda Mulia atau sering disingkat UBM. UBM merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak tahun 2014, dengan kampusnya yang berlokasi di Alam Sutera sejak tahun 2017/2018.

Kampus ini cocok bagi Anda yang memiliki orientasi untuk berkecimpung di industri startup. Pasalnya, UBM memiliki visi untuk menjadi kampus yang berorientasi pada dunia industri. Anda bisa memilih program studi data science di UBM untuk memperdalam ilmu tersebut.

Anda tidak perlu khawatir mengenai prospek kerja untuk lulusan data science. Peluang kerja yang bisa dimasuki oleh prodi ini yaitu data scientist, data engineer, data analyst, dan data storyteller. UBM sendiri sudah melakukan kerjasama dengan Data Science International Certification dan AWS.

Dimana kerjasama ini menjadikan lulusannya diakui secara internasional sebagai data scientist. Dalam prakteknya, kuliah data science ini akan melibatkan penyedia Big Data seperti Amazon Web Services (AWS) atau Google Cloud Platform (GCP).

Itulah alasan mengapa kuliah data science menjadi penting bagi pelaku industri startup. Untuk kuliahnya pun Anda tidak perlu bingung, karena ada UBM yang akan memfasilitasinya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.