7 Jenis-Jenis Lantai untuk Mempercantik Rumah Anda

Jenis Lantai Interior Rumah

Lantai SPC Vinyl termasuk jenis lantai yang dapat mempercantik tampilan rumah Anda. Lantai sendiri merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Lantai adalah permukaan terbawah dari rumah yang paling sering diinjak dan dilalui.

Lantai Conblock juga menjadi salah satu material penting dari jenis lantai. Umumnya, lantai mendapat perhatian utama dalam pembuatan rumah. Sebab lantai akan sering dilalui baik oleh penghuni rumah maupun orang yang bertamu.

Selain itu, jenis lantai keramik masih tak terkalahkan. Apalagi jika dibandingkan dengan jenis lantai lain. Bahkan tak hanya satu jenis lantai, sebuah rumah bisa memiliki berbagai jenis lantai. Hal tersebut sangat lumrah terjadi saat ini.

Jenis-Jenis Lantai dan Cara Pembersihannya

Permasalahan dalam memilih jenis lantai memang cukup krusial. Jenis lantai vinyl meski belum familiar ternyata bisa menjadi pilihan. Sayang, tak banyak informasi terkait jenis lantai yang tersedia. Termasuk juga cara pembersihannya.

Alhasil, Anda hanya berkutat pada jenis batu alam untuk lantai. Sebab, jenis lantai ini memberikan kesan alami pada hunian. Khususnya, jika Anda menginginkan suasana pedesaan berada di rumah perkotaan yang Anda miliki.

Beragam jenis keramik lantai rumah juga tidak boleh dipilih secara sembarangan. Anda perlu memperhatikan cara pembersihannya agar lantai selalu terlihat cantik meski sudah banyak tahun digunakan untuk mempercantik rumah.

Tentu saja rumah atau hunian yang cantik dapat diketahui dari interior yang tampak oleh mata. Meskipun interior juga harus ditunjang dengan keinginan Anda. Sehingga rumah hadir sebagai hunian yang mampu membuat nyaman dan tenang.

7 Jenis Lantai Interior Rumah

Jenis Lantai Interior Rumah

Pemilihan jenis lantai interior rumah bisa dilakukan dengan memperhatikan struktur bangunan rumah terlebih dahulu. Selanjutnya sesuaikan jenis lantai yang Anda inginkan. Rekomendasi dari profesional juga bisa Anda pertimbangkan.

Selain keindahan, penting untuk memperhatikan kenyamanan dan keamanan bangunan rumah. Berikut ini akan diulas informasi terkait dengan jenis lantai yang bisa menjadi referensi Anda dalam memilih jenis lantai interior rumah.

1. Lantai SPC Vinyl

Lantai SPC Vinyl cocok untuk mempercantik rumah Anda. Penggunaan jenis lantai ini bisa untuk interior maupun eksterior rumah. Bahkan bangunan komersial seperti hotel, restoran, cafe, hingga perkantoran juga bisa menggunakannya.

Beberapa kelebihan jenis lantai ini yakni anti gores, tahan air, dan ramah lingkungan. Selain itu, lantai juga tidak mudah terbakar dan tahan lama. Bahkan lantai mudah dipasang dan memiliki banyak corak serta warna sebagai pilihan.

2. Lantai Conblock

Lantai Conblock paling direkomendasikan untuk menutup permukaan tanah. Dengan corak yang berwarna, jenis lantai ini mampu menambah nilai estetika pada area yang ditutupinya. Sehingga mempercantik seluruh bangunan rumah.

Jenis lantai ini dikenal juga sebagai paving block atau balok beton yang terbuat dari campuran semen, air dan agregat lain tanpa mengurangi mutu beton. Bentuknya segi empat atau segi banyak agar saat dipasang bisa saling mengunci.

3. Lantai Keramik

Jenis lantai keramik memang paling familiar digunakan untuk lantai rumah. Jenis ini memiliki harga terjangkau dengan beragam warna, corak, dan model. Selain itu, jenis lantai ini juga mudah dalam perawatan dan pembersihannya.

Tak heran banyak orang menjatuhkan pilihan pada jenis lantai ini untuk interior maupun eksterior. Bahkan bangunan selain rumah juga sering memanfaatkan keberadaan keramik sebagai pembuatan lantai bangunan yang bernilai estetik.

4. Lantai Vinyl

Jenis lantai vinyl memiliki perbedaan unik daripada jenis lantai lainnya. Jenis lantai ini cenderung lebih fleksibel dan lembut. Sehingga saat diinjak maupun disentuh menjadi lebih lentur dan nyaman. Bahkan tahan terhadap air dan panas.

Jenis lantai ini juga awet dan tahan lama karena tidak terbuat dari material kayu. Meskipun memiliki nuansa atau corak kayu di lapisan permukaannya. Tak hanya itu, usia panjang dari jenis lantai ini juga membuat hemat pengeluaran Anda.

5. Lantai Batu Alam

Jenis batu alam untuk lantai umumnya menggunakan batu marmer, batu andesit, batu sabak, batu granit, atau batu candi. Semua jenis batu tersebut memiliki motif dan keunggulan tersendiri. Sehingga pemilihannya bisa menyesuaikan keinginan.

Penggunaan lantai marmer tergolong mewah jika diaplikasikan dalam rumah. Kesan glamour dan elegan ini memang sebanding dengan harga marmer yang terbilang mahal. Namun, marmer juga bisa diaplikasikan di dinding dan meja.

6. Lantai Ubin atau Tegel

Selain jenis keramik lantai rumah, lantai ubin atau tegel juga bisa jadi pilihan. Jenis lantai ini cocok untuk hunian yang ingin menonjolkan konsep vintage atau bangunan rumah zaman dulu. Sebab, tegel hanya mempunyai satu warna.

Warna abu-abu tua dari tegel berasal dari bahan campuran semen dan pasir. Namun hari ini, tegel sudah memiliki banyak warna dan dapat dikombinasikan dengan lantai keramik. Sehingga tidak ada lagi kesan monoton pada hunian Anda.

7. Lantai Kayu Alami

Lantai kayu alami terbilang jenis lantai favorit. Selain tampilan yang bernuansa natural, jenis lantai ini juga memiliki kekuatan yang patut diperhitungkan. Tak heran jenis lantai ini banyak diburu, khususnya bagi Anda pecinta alam.

Lantai kayu alami terbuat dari potongan kayu asli tanpa campuran bahan lain. Jenis ini dikenal juga dengan kualitas premium lantai kayu alami. Dan harganya tergolong mahal. Daya tahan ultra tinggi bahkan bisa digunakan seumur hidup.

Lantai SPC Vinyl tidak hanya memiliki banyak kelebihan tetapi harga yang terjangkau. Anda juga bisa memilih lantai Conblock.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.