Fungsi Dan Tujuan Logo Perusahaan, Ternyata Penting Banget!

peluang usaha, Internet Dan Media Sosial

Logo perusahaan biasanya memiliki bentuk unik dan sederhana yang diperoleh dari desain logo profesional. Pembuatannya pun memerlukan jasa buat logo agar didapatkan desain logo yang khas dan menarik.

Tahukah Anda jika desain logo profesional memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Biasanya mengacu pada misi dan visi perusahaan, sehingga masyarakat dapat mengenalnya dengan baik.

Apa yang Dimaksud Desain Logo Profesional ?

Logo adalah tanda, simbol atau lambang yang mewakili identitas perusahaan. Pembuatannya biasanya memerlukan jasa buat logo, sehingga didapatkan desain lagi profesional yang bagus dan profesional.

Pembuatan logo perusahaan tidak boleh sembarangan. Harus ada filosofinya dan konsep dasar yang mendasari bentuk dari logo perusahaan. Filosofi inilah yang membentuk wajah perusahaan sehingga citra perusahaan di mata masyarakat dapat terangkat dengan baik.

Filosofi pembuatan logo terdari dari banyak unsur pendukung, seperti warna, bentuk, sejarah dibentuknya perusahaan, bagaimana posisinya, bagaimana apresiasi perusahaan dan lain-lain. Dari semua unsur pendukung tersebut, diharapkan dapat terbentuk logo dengan bentuk yang paling sederhana dan bisa mewakili identitas perusahaan secara keseluruhan.

Fungsi Logo Perusahaan

Fungsi Logo Perusahaan

Logo perusahaan bisa diartikan sebagai perwujudan harga diri perusahaan sehingga dipandang baik dan dipercaya oleh masyarakat luas. Pembuatannya pun biasanya mencakup misi dan visi perusahaan, sehingga memiliki beberapa fungsi penting seperti berikut :

1. Sarana Identifikasi Perusahaan

Fungsi utama dari logo perusahaan adalah untuk branding atau mengenalkan identitas perusahaan. Baik identitas dalam hal produknya, jasa pelayanannya, atau seseorang yang berjasa dalam perusahaan tersebut. Biasanya ownernya. Melalui logo perusahaan, produk atau jasa dari perusahaan dapat dikenal baik oleh masyarakat.

2. Sarana Informasi, Pengendali, Pengawas dan Pengontrol

Logo berisi informasi yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada masyarakat. Artinya logo juga berfungsi sebagai pengendali, sekaligus pengawas dan juga pengontrol. Masyarakat dapat menilai sebuah perusahaan dari logo perusahaannya.

3. Sarana Motivasi

Desain logo profesional juga mengandung motivasi tertentu untuk disampaikan kepada masyarakat. Motivasinya bisa berupa pesan moral yang bisa diambil oleh masyarakat.

Seperti desain shampoo yang secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan rambut. Atau desain air mineral yang memberikan informasi bahwa air yang baik itu diambil dari sumber air di pegunungan yang masih murni, sehingga sehat dan aman untuk dikonsumsi.

4. Sarana Pengutaraan Emosi

Logo yang biasanya terdapat pada produk bayi kebanyakan menggambarkan kasih sayang ibu kepada anaknya. Dalam hal ini logo juga bisa berfungsi untuk mengutarakan emosi. Pembeli pun secara tak langsung akan ikut merasakan kasih sayang mendalam kepada anak mereka, ketika memakai produk bayi yang bersangkutan.

5. Sarana Promosi dan Presentasi

Pembuatan logo juga berfungsi untuk promosi dan mengenalkan produk atau jasa perusahaan kepada masyarakat. Gambar atau bahasa yang digunakannya adalah gambar atau bahasa yang persuasif dan menarik. Mudah diingat dan disukai oleh masyarakat.

Tujuan Pembuatan Logo Perusahaan

Logo perusahaan dibuat dengan tujuan tertentu. Karena itulah desain logo profesional harus bisa mengutarakan keinginan perusahaan sehingga mudah dimengerti oleh masyarakat.

Beberapa tujuan logo perusahaan diantaranya :

1. Marketing

Logo perusahaan dibuat untuk tujuan promosi dan menjadi bagian dari strategi marketing perusahaan. Itulah kenapa logo perusahaan harus dibuat sesederhana mungkin, agar dapat dikenali dengan baik oleh masyarakat.

2. Menarik Perhatian

Logo perusahaan haruslah selalu diingat oleh masyarakat dan tak dapat dilupakan begitu saja. Logo yang melekat pada perusahaan harus bisa menarik perhatian, sehingga masyarakat penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan mencari tahu lebih lanjut.

Setelah itu, masyarakat akan tertarik dan akhirnya membeli produk atau mencoba jasa perusahaan yang bersangkutan.

3. Mengikuti Trend

Pembuatan logo harus dipikirkan dengan matang. Desain logo yang digunakan haruslah yang menarik, namun sederhana dan punya karakteristik tertentu.

Logo perusahaan yang unik dan melekat pada ingatan masyarakat akan kuat. Karena itu dalam membuat logo perusahaan, harus dilihat bagaimana trend masyarakat yang berkembang saat ini.

Apakah masyarakat sedang suka segala sesuatu yang instan, atau sedang ingin berdiam di rumah atau kegiatan lainnya. Pengamatan ini penting untuk menargetkan pasar sesuai sasaran.

Itu dia beberapa fungsi dan logo perusahaan yang perlu diingat. Bisa dilihat kan bahwa membuat logo perusahaan itu ternyata pentiing banget.

Pembuatannya membutuhkan pemikiran yang matang dan cermat. Butuh jasa buat logo untuk menampilkan desain logo profesional yang bisa mewakili keinginan perusahaan. Semuanya harus dipikirkan dengan matang

Carilah jasa buat desain yang profesional yang handal dalam membuat logo perusahaan. Pastikan jasa buat desain logo yang digunakan adalah yang terbaik dan terpercaya, sehingga logo perusahaan yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *