Apa Perbedaan Haji Reguler, Haji Plus dan Haji Furoda?

Perbedaan Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda di Indonesia

Tahun 2022 menjadi titik baru bagi travel haji baik travel haji plus, haji reguler, hingga haji furoda di Indonesia. Pasalnya, setelah sekian tahun keberangkatan Haji  tertunda karena pandemi, akhirnya pelaksanaan haji bisa kembali dilaksanakan di tahun 2022 ini.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada tiga jalur yang dapat diambil untuk melaksanakan ibadah Haji ke tanah suci, diantaranya yaitu Haji Plus, Haji Reguler, dan Haji Furoda.

Lantas, apa sebenarnya yang membedakan antara ketiga jalur haji yang ada di Indonesia tersebut? Berapa kiranya biaya haji plus, haji reguler, dan haji furoda? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Haji Plus, Haji Reguler, dan Haji Furoda

Haji reguler dan haji plus merupakan program haji resmi yang dikelola secara langsung oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Sementara itu, haji furoda atau disebut juga haji mujamalah adalah pelaksanaan haji dengan menggunakan visa undangan yang langsung dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Artinya, haji furoda ini diluar dari kuota haji yang telah ditetapkan untuk Indonesia, tidak mengganggu antrean haji reguler dan haji plus.

Perbedaan Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda di Indonesia

Perbedaan Haji Reguler, Haji Plus, dan Haji Furoda di Indonesia

Secara umum, perbedaan haji reguler, haji plus, dan furoda terletak pada biaya, masa tunggu, dan kuota jamaah. Penjelasan selengkapnya sebagai berikut:

1. Masa Tunggu Keberangkatan

Haji reguler dan haji plus harus menunggu masa antrian keberangkatan. Untuk waktu menunggu ini setiap daerah di Indonesia memiliki masa tunggu yang berbeda-beda, tergantung pada banyaknya jumlah pendaftar dan kuota yang tersedia pada daerah tertentu.

Masa tunggu haji plus lebih singkat dari masa tunggu haji reguler. Setidaknya masa tunggu haji plus hanya berkisar 5-9 tahun, sedangkan haji reguler bisa mencapai belasan hingga puluhan tahun di beberapa daerah tertentu.

Sementara itu, furoda atau juga haji plus non kuota dilaksanakan langsung oleh travel haji dan umroh namun tetap berada dalam pengawasan pemerintah Indonesia.

Karena berada di luar kuota utama ibadah haji di Indonesia, pelaksanaan furoda tidak perlu menunggu jadwal dari pemerintah, bisa langsung berangkat di tahun yang sama saat melakukan pendaftaran.

2. Penerbitan Visa

Perbedaan selanjutnya pada ketiga jenis jalur yang ada terletak pada penerbitan visa masing-masing jalur.

Visa haji reguler adalah visa haji yang diterbitkan langsung oleh pemerintah Arab Saudi secara gratis kepada negara Indonesia.

Sedangkan, Haji Furoda menggunakan visa undangan atau visa mujamalah yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi langsung ke Travel Haji dan Umroh di Indonesia.

3. Biaya Pelaksanaan

Perbedaan yang cukup mencolok terletak pada biaya masing-masing program. Untuk program haji reguler, setidaknya membutuhkan biaya sekitar Rp 39 Juta.

Beda haji plus dan haji furoda dalam perihal biaya juga masih cukup jauh, biaya haji plus setidaknya membutuhkan  dana Rp164 juta. Sedangkan biaya haji furoda bisa mencapai Rp 270 juta.

Sebelum mendaftar, pastikanlah memilih biro haji plus resmi Depag untuk meminimalisir adanya kasus penipuan yang sering terjadi, maka pastikanlah Anda mendaftar pada travel haji plus yang sudah mendapatkan ijin resmi dari Kemenag.

Untuk menghemat biaya, cobalah mencari harga promo atau diskon, misalnya pemotongan biaya haji plus untuk 2 orang pendaftar. Biasanya travel haji umrah memiliki program pemotongan biaya haji plus untuk 2 orang, atau bisa juga pada program reguler dan program haji furoda.

Bagi Anda yang masih bingung memilih travel haji plus, reguler, atau furoda, Anda bisa memilih Alhijaz Indowisata Travel, merupakan salah satu agen travel haji dan umroh terbaik di Indonesia yang sudah mengantongi izin resmi dari Kementerian Agama RI.

Tersedia pilihan program dengan biaya yang terjangkau, dipastikan akan mendapatkan pelayanan yang terbaik selama melakukan perjalanan.

Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah nyaman dan aman karena pasti jadwalnya, pasti terbangnya, pasti hotelnya, dan pasti visanya.

Pendaftaran juga mudah dilakukan loh, Anda bisa mendaftar langsung dengan datang ke kantor atau bisa juga melakukan pendaftaran secara online. Untuk informasi lengkapnya silahkan langsung kunjungi laman resminya melalui https://alhijaz-indowisata.com/.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.