Apa Saja Bagian Inti Dari Infrastruktur Data Center Indonesia?

BloggerLaki.com – Data center atau pusat data merupakan layanan yang banyak digunakan perusahaan teknologi di berbagai negara termasuk Indonesia. Sayangnya, meski perusahaan teknologi di tanah air sudah mulai dikenal luas tapi perusahaan data center Indonesia belum terlalu dikenal. Bahkan masih ada yang belum tahu apa itu data center dan apa saja fungsinya.

Bagian penting dari data center

Apa Saja Bagian Inti Dari Infrastruktur Data Center Indonesia?

Data center sendiri sebenarnya terdiri dari berbagai komponen yang dirangkai menjadi satu kesatuan. Namun, diantara semua bagian yang dimilikinya ada beberapa bagian penting yang memegang peranan utama dalam proses pengolahan data. Apa saja komponen tersebut? Berikut keterangannya.

1. Server

Keberadaan suatu sistem data tentu tidak lepas dari adanya server. Server berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua informasi serta data yang diproses. Jumlahnya beragam tergantung banyaknya data yang disimpan. Semakin besar data yang disimpan maka jumlah server yang dibutuhkan akan semakin banyak.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, biasanya server ditempatkan di lokasi terpisah yang memiliki pengamanan lebih ketat. Dari ruangan tersebut, data selanjutnya akan didistribusikan ke perangkat lain untuk berbagai keperluan.

2. Program/Aplikasi

Data center secara sederhana bisa disamakan dengan sebuah komputer. Oleh sebab itu, untuk mengolah berbagai data dibutuhkan program atau aplikasi yang sesuai. Program atau aplikasi ini selanjutnya akan disimpan dan dijalankan dalam komputer server yang memiliki sistem operasi sendiri.

3. Storage

Selain server, salah satu bagian penting dari data center tentu saja adalah ruang penyimpanan atau storage. Ruang penyimpanan yang dimaksud disini adalah seperangkat komponen yang mampu menyimpan berbagai informasi data yang dianggap penting. Meski begitu, ukuran storage biasanya lebih kecil dibandingkan dengan server meskipun keduanya sama-sama memiliki peranan yang penting.

4. Koneksi internet

Meski tidak diketahui banyak orang tapi sebenarnya data center juga membutuhkan koneksi internet yang stabil. Hal ini tentu saja dimaksudkan untuk proses pengiriman data yang lebih cepat dan lancar. Oleh sebab itu, biasanya data center memiliki koneksi internet khusus yang selalu stabil meskipun banyak mendapat gangguan.

5. Cooling system

Perangkat yang digunakan di data center sangat rawan mengalami kenaikan suhu yang cukup ekstrim. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut harus bekerja selama 24 jam non stop sehingga beresiko mengalami overheat. Untuk meminimalisir hal tersebut maka perusahaan data center selalu memasang sistem pendinginan yang baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Listrik

Listrik merupakan sumber daya utama yang membuat data center tetap beroperasi. Oleh sebab itu, sambungan listrik di tempat tersebut tidak boleh terhenti begitu saja karena bisa merusak komponen-komponen penting. Untuk meminimalisir risiko kehilangan data maka biasanya selalu ada sumber energi listrik cadangan yang bisa digunakan saat sumber listrik utama padam.

7. Sistem keamanan

Sebagai tempat penyimpanan data penting, kemasan di data center tentu harus menjadi prioritas utama. Selain keamanan dari serangan digital, tempat tersebut juga harus memiliki sistem keamanan untuk menangkal serangan fisik. Dengan begitu data yang menjadi rahasia perusahaan tidak akan mudah diambil alih.

Dari ketujuh komponen inti yang dimiliki data center, Anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana rumitnya cara kerja fasilitas tersebut. oleh sebab itu tidak heran jika biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan fasilitas tersebut cukup besar. Selain menyewa tempat penyimpanan data, Anda juga perlu membayar biaya perawatan, pajak dan sebagainya.

Sayangnya, banyak yang akhirnya memilih data center abal-abal yang belum jelas reputasinya. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya karena belum tentu memenuhi standar data center Indonesia kebanyakan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih perusahaan penyedia layanan data center yang sudah berpengalaman.

Dari begitu banyak perusahaan data center Indonesia, NEX Data Center Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang banyak direkomendasikan. Hal ini disebabkan perusahaan tersebut sudah memiliki pengalaman selama lebih dari 10 tahun. Bahkan di situs resminya yaitu nexdatacenter.com, Anda bisa melihat perusahaan mana saja yang pernah bekerja sama dengan data center ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *