7 Tips Jitu Membuat Travel Itinerary Anti Gagal

Liburan menjadi momen yang paling ditunggu oleh banyak orang. Namun, semangat untuk segera berlibur ini justru sering kali membuat beberapa orang bingung tempat wisata mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu. Agar Anda tidak sampai melewatkan apa pun saat liburan, yuk ikuti 7 tips membuat travel itinerary ini!

7 Tips Jitu Membuat Travel Itinerary Anti Gagal

1. Buat Wish List

Sebelum berangkat, pastikan menulis daftar tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi dan kegiatan yang ingin dilakukan. Tulis semua hal menarik di tempat yang Anda kunjungi. Anda juga bisa membuat papan inspirasi untuk memvisualisasikan lokasi-lokasi yang ingin dikunjungi. Cara ini juga akan memudahkan dalam mencari informasi spesifik dan lebih lanjut tentang lokasi tersebut.

2. Siapkan Anggaran Dana

Anggaran dana merupakan salah satu hal terpenting dalam membuat perencanaan perjalanan atau itinerary. Tak peduli apakah akan menginap di hotel mewah atau di hostel sederhana, Anda tetap harus merencanakan anggaran dana. Pastikan anggaran tersebut realistis dan sesuai dengan tempat yang dituju. Pasalnya, beberapa tempat biasanya cenderung lebih mahal dari tempat lainya.

3. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Pastikan Anda mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang dituju sebelum berangkat. Dengan bantuan internet, Anda bisa menemukan segala informasi yang dibutuhkan. Periksa juga peta lokasi dari tempat yang dituju sehingga bisa merencanakan urutan tempat yang bisa dikunjungi.

4. Ingatlah Untuk Tetap Fleksibel

Membuat jadwal dan rencana perjalanan memang penting, tapi bukan berarti Anda harus kaku dalam mengikuti rencana tersebut. Pasalnya, terkadang akan ada situasi tertentu seperti macet, restoran yang tutup, dan hambatan lain yang mungkin terjadi. Terlalu kaku pada jadwal justru akan membuat rencana liburan berantakan.

5. Buatlah Jadwal Hari Bebas

Jangan lupa untuk menyisihkan hari bebas dalam jadwal liburan Anda. Hari bebas ini bisa digunakan untuk beristirahat karena liburan dan melakukan perjalanan panjang bisa cukup melelahkan. Hari bersantai akan membuat liburanmu terasa lebih menenangkan dan menyenangkan.

6. Pastikan Rencana Perjalanan Anda Seimbang

Lihat jadwal hari yang Anda tentukan, apakah ada hari dengan tujuan wisata yang lebih banyak dari hari lainnya. Pertimbangkan pula jarak antar tempat tujuan agar semua seimbang dan tidak terlalu lelah di satu hari dan terlalu santai di hari lainnya. Jangan menempatkan terlalu banyak tempat di satu hari karena bisa jadi nanti Anda malah tidak bisa menikmatinya.

7. Siapkan Akun PayLater dan PayLater Card Anda

Terakhir namun yang tak kalah penting adalah menyiapkan akun PayLater dan PayLater Card Anda. Kartu Kredit dari Traveloka PayLater ini bisa digunakan untuk bertransaksi di jutaan merchant berlogo Visa di seluruh dunia baik secara online maupun offline.

Kartu ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang hobi liburan. Pasalnya, Anda akan mendapatkan Traveloka Point untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan PayLater Card. Poin ini nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai diskon travel maupun lifestyle. Itulah mengapa PayLater Card #JujurGunaBanget untuk liburan.

Itulah tadi 7 tips yang wajib Anda ketahui sebelum membuat itinerary perjalanan. Membuat itinerary adalah suatu seni traveling tersendiri. Dengan membuat perencanaan perjalanan seperti ini, liburan akan terasa lebih menyenangkan dan tenang!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *