Apa Itu Body Repair? Ini Penjelasan dari Otoklix

Apa Itu Body Repair

Saat mengendarai mobil, pastinya kita pernah mengalami berbagai permasalahan tidak terduga yang terjadi pada mobil. Misalnya saat bodi mobil tidak sengaja tergores oleh batang kayu, atau mobil  mengalami penyok karena kecelakaan dan sebagainya.

Tentunya hal tersebut akan berdampak pada komponen mobil Anda, salah satunya di bagian bodi mobil. Untuk mengatasi permasalah ini, Anda harus segera membawa mobil kesayangan ke bengkel terdekat untuk melakukan body repair. 

Namun sebelum melakukan perbaikan, pastikan Anda sudah mengetahui Apa itu body repair? Apa juga fungsi dan bagaimana tahapan body repair? Sehingga Anda bisa memutuskan perbaikan yang sesuai dengan permasalahan mobil yang sedang dialami.

Untuk membantu Anda, Otoklix punya jawaban atas semua pertanyaan tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Body Repair? 

Body repair adalah sebuah proses perbaikan yang dilakukan untuk memulihkan kerusakan pada body mobil dengan metode tertentu dalam kondisi apapun.

Hal ini berlaku pada kerusakan mobil yang tergolong ringan, sampai dengan kerusakan berat. Misalnya mobil mengalami kerusakan karena penggunaan sehari-hari, atau mobil mengalami kerusakan karena kecelakaan.

Pada saat proses perbaikan, terdapat banyak metode yang digunakan misalnya, metode washer welder, sinking, atau palu on off untuk jenis kerusakan ringan. Sedangkan jenis kerusakan berat biasanya menggunakan metode mag welding untuk proses penyambungan atau penggantian panel. 

Jadi, jika Anda mengalami permasalahan pada mobil, sangat penting untuk melakukan body repair. Sebab, perbaikan yang dilakukan tidak sekedar mengecat ulang mobil.

Fungsi Body Repair

Apa Itu Body Repair

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika fungsi dari memperbaiki body mobil adalah untuk melakukan perbaikan pada mobil yang mengalami kerusakan, serta mengembalikan tampilan body mobil agar menjadi lebih bagus.

Ketika sebuah mobil mengalami kerusakan, atau permasalahan seperti ,lecet, warna cat memudar, maka semua masalah tersebut bisa ditangani dengan melakukan body repair.

Dengan memperbaiki body mobil, mobil Anda yang rusak akan segera mendapatkan perbaikan. Kondisi permukaan mobil yang penyok akan diperbaiki sehingga tampil rata kembali.

Selain itu, mobil juga akan dicat ulang sebanyak empat lapis yang terdiri dari lapisan primer, surfacer, base coat, serta clear coat. Semua lapisan tersebut digunakan untuk menjaga warna cat mobil agar bertahan lama, serta menghindari munculnya karat dan jamur.

Selain proses pengecatan, kadang kala kerusakan mobil juga terjadi di bagian panel sehingga membuat beberapa komponen sulit untuk dibuka atau ditutup seperti kerusakan kap mobil, kerusakan pada panel pintu mobil depan atau belakang.

Proses perbaikan ini akan dimulai dengan cara dibersihkan atau diamplas, kemudian didempul, kemudian dicat ulang. Proses terakhir adalah melakukan pemolesan agar mobil tampak mengkilap secara keseluruhan.

Tahapan Body Repair

Setelah mengetahui fungsi dari body repair, Anda juga harus mengetahui proses atau tahapan dari body repair.

Mengenali tahapan atau proses dari body repair akan mempermudah Anda untuk mengetahui sampai sejauh apa mobil Anda diperbaiki. Umumnya ada tiga tahapan yang dilakukan dalam body repair antara lain sebagai berikut:

1. Tahapan Identifikasi

Saat mobil Anda masuk bengkel, langkah pertama yang dilakukan oleh pihak teknisi adalah melakukan pengecekan atau identifikasi. Tahapan awal ini sangat penting, agar tidak ada kerusakan yang terlewatkan untuk diperbaiki. Hal ini juga bisa dijadikan kisaran atau estimasi biaya yang harus Anda persiapkan. 

Identifikasi akan dilakukan secara menyeluruh pada setiap bagian di setiap panelnya. Biasanya akan diberikan tanda pada bagian yang mengalami kerusakan serta dicatat agar tidak terlupakan. Setelah proses identifikasi selesai, baru akan masuk ke tahap selanjutnya.

2. Tahap Perbaikan

Setelah tahap identifikasi selesai, akan dilanjutkan dengan tahap perbaikan. Pengerjaan perbaikan ini akan dimulai pada bagian yang penyok agar kembali rata seperti semula.

Pada bagian tertentu yang cukup sulit diperbaiki, maka akan dilepas per panel untuk memudahkan proses perbaikan.  Body mobil juga akan dibersihkan secara menyeluruh, kemudian di amplas.

Setelah semua bagian bersih, bagian yang rusak akan mulai didempul. Proses dempul hanya akan dilakukan pada bagian luka mobil atau kerusakan yang dalam secara berulang, agar permukaan body mobil bisa kembali rata. Jika sudah rata, maka akan dilanjutkan dengan proses pengecatan warna dasar mobil agar sesuai dengan bodykit.

3. Tahap Finishing

Tahap terakhir dari body repair adalah finishing. Setelah bagian mobil yang rusak diperbaiki dan tampilan body mobil kembali rata, maka akan dilanjutkan ke tahap finishing.

Pada tahap ini, mobil akan diberi cat sesuai dengan warna mobil. Setelah itu, mobil Anda juga akan dilapisi dengan clear coat untuk menjaga tampilan cat agar tetap mengkilap seperti semula.

Biaya Body Repair

Setelah mengetahui tentang arti, fungsi, dan tahapan body repair, Anda juga harus mengetahui informasi biaya memperbaiki body mobil. Setiap tempat, tentunya memiliki tarif atau biaya yang berbeda-beda. Ada dua tempat yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan body repair yaitu bengkel umum dan bengkel resmi.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perbaikan di bengkel umum, maka Anda bisa menyiapkan anggaran sekitar Rp 350 ribu – Rp 600 ribuan untuk perbaikan panel kecil.

Sedangkan untuk perbaikan panel besar sekitar Rp 600 ribu – Rp 800 ribu. Sementara jika Anda ingin melakukan perbaikan full body, maka Anda harus menyiapkan anggaran sekitar Rp 5 – 8 jutaan. 

Biaya tersebut belum termasuk dengan pengelasan serta lain-lain. Biaya di bengkel umum terbilang murah jika dibandingkan dengan bengkel resmi.

Namun pastikan bengkel umum yang Anda pilih, adalah bengkel mobil terpercaya  dan terbukti kualitasnya dalam masalah body repair.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.